DON'T LIKE ME

Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Cepture)

 ----------------------------------------------------------------------------------
Membuat tutorial baik itu tutorial untuk dipublikasikan di blog atau tutorial yang ditulis untuk e-book, sebaiknya harus dibuat juga gambar pendukungnya. Tutorial yang dibuat dan dilengkapi dengan screenshot akan lebih mudah dipahami pembaca daripada penyampaiannya hanya tulisan saja. Namun jika tutorial yang ditulis untuk diterbitkan di internet seperti pada blog terdapat kelebihannya. Kita bisa membuat screenshot dalam bentuk animasi format GIF. Coba Anda bandingkan ketika menyimak artikel yang disajikan dalam bentuk video dengan hanya tulisan saja, lebih mudah dipahami mana? Tentunya akan lebih mudah dipahami dalam bentuk video. Namun membuat tutorial dalam bentuk video seringkali terkendala dengan masalah waktu dan juga kuota internet untuk mengunggahnya. Solusi terbaiknya kita bisa membuat screenshot animasi format GIF.
Baca Juga : Trik Facebook Ads

Berikut Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF Atau Gambar Bergerak

Sangat mudah membuat screenshot singkat bergerak. Namun kita meski menggunakan software khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Biasanya saya sering menggunakan software Camtasia Studio untuk membuat screenshot animasi.
Apa itu Camtasia Studio? Perangkat lunak Camtasia Studio adalah software yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Sayangnya software ini tidak bisa kita dapatkan secara gratis. Kita meski membeli software ini seharga $299.00 atau sekitar hampir 4 jutaan. Dilihat kelengkapan fitur yang dimiliki software Camtasia Studio, pantas saja software ini dibandrol dengan harga mahal (untuk kantong Indonesia).
Jika Anda sudah download software Camtasia Studio baik itu versi trial ataupun verso pronya, silakan Anda buka dan untuk memulai perekaman klik pilih Record the screenCara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)
Otomatis halaman kerja Camtasia Studio akan tersembunyi di Taskbar (Minimize) digantikan dengan tampilan Camtasia Recorder. Disini kita bisa menentukan ukuran screenshot tampilan komputer sesuka hati. Secara default ukuran screenshot akan menyesuaikan dengan tampilan layar komputer Anda. Jika ukuran screenshot sudah sesuai, silakan klik pilih tombol merah yang bertuliskan rec.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)
Sekarang silakan Anda melakukan aktifitas di komputer atau kegiatan Anda di komputer yang akan dibuat screenshot. Disini kita menghentikan sementara perekaman screenshot dengan klikPause. Jika sudah selesai, Anda tekan F10 pada keyboard.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)
Begitu Anda menghentikan proses perekaman screenshot, maka otomatis akan dihadapkan pada tampilan Preview. Jika sudah cocok dengan yang diinginkan, silakan klik Save and Editdan tentukan lokasi penyimpanan file screenshot dari software Camtasia Studio.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)
Sekarang Anda akan kembali ke halaman Camtasia Studio dengan hasil rekaman screenshot. Disini kita bisa mengolah screenshot lebih jauh lagi. Anda pilih fitur-fitur yang dimiliki oleh Camtasia Studio mulai dari menu Library, Callouts, Zoom-n-Pan, Audio, dan Cursor Effects. Untuk pilihan lainnya bisa Anda klik pilih tombol More.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)
Jika sudah selesai melakukan pengolahan screenshot di Camtasia Studio, untuk mengubah screenshot kedalam bentuk animasi format GIF Anda klik pilih Produce and share. Disini saya tidak membahas lebih jauh tentang tata cara pengolahan screenshot. Jika dibahas semuanya artikelnya akan kepanjangan.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)

Berikut Cara Menyimpan Gambar

Untuk menyimpan dalam format GIF, disini Anda klik pilih Custom production settingskemudian klik Next.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)Tentu saja disini kita pilih GIF – animation file. Kedepannya jika screenshot ingin kita simpan dalam format video, Anda bisa memilih format WMV, MOV, dan AVI. Bahkan disini kita bisa memilih format Flash atau MP4 Smart Player. Selanjutnya klik Next.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)Untuk pilihan pada Animated GIF Encoding Options biarkan secara default saja. Kecuali agar kualitas gambar GIF bagus, Anda meski mencentang/checklist pada Include Windows colorsdan Dithered color reduction. Klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)Silakan Anda sesuaikan ukuran animasi GIF pada opsi Custom size. Jika ingin menghasilkan ukuran yang simetris, Anda checklist pada Maintain aspect ratio. Secara default ukuran yang dihasilkan dari Camtasia Studio adalah 900 x 496. Klik Next untuk menyelesaikan pembuatan screenshot animasi ini.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)Disini kita bisa menentukan Watermark pada screenshot animasi. Anda checklist pada Include watermark jika ingin menggunakan watermark. Kemudian klik Options untuk mencari watermark yang akan kita gunakan.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)Silakan cari gambar yang akan Anda jadikan watermark pada tombol Folder Image path. Untuk pengaturan lainnya silakan Anda sesuaikan saja seperti Scaling dan Position. Disini kita bisa melihat tampilan Previewnya.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)Sekarang Anda tentukan tempat penyimpanan screenshot animasi yang akan disimpan didalam komputer. Anda juga disini bisa membuat nama screenshot, kemudian klik Finish.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)Ini adalah langkah terakhir yaitu menunggu proses Rendering Project sampai selesai. Ada dua proses ketika Render video menjadi format GIF dan tunggu saja sampai selesai atau 100%.Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak)Setelah menulis panjang lebar akhirnya artikel Cara Membuat Screenshot Animasi Format GIF (Print Screen Bergerak) menggunakan software Camtasia Studio selesai juga. Silakan selamat mencoba dan semoga artikel ada manfaatnya bagi yang membutuhkan.  



REGISTRASI YUK.... BUAT IKUT KELAS 
INTERNET MARKETING DI JAKARTA



----------------------------------------------------------------------------------
Gunakan ----{ CTRL + F }---- Untuk Mencari Artikel
----------------------------------------------------------------------------------
Postingan Baru :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar