DON'T LIKE ME

Melacak Jejak Pengunjung Blog Dengan Google Analytics

Melacak Jejak Pengunjung Blog Dengan Google Analytics

Bagi sebagian pemilik blog, mungkin terramat suangat uingin swekali mengetahui data-data dari para pengunjung blognya. Hal tersebut dijuntukkan dengan adanya bermacam-macam pernak-pernik yang ada di blognya, seperti misalnya "Hit Counter", "Site Track Meter", "Alat pendeteksi jumlah pengunjung", "Alat pendeteksi Tsunami (eh, yg ini nggak deng)", dll. Nah buat kamu yang termasuk kedalam golongan umat ini, ada sebuah layanan masyarakat dari Pak Dhe "Google", namanya Google Analytics. Bagi yang sering bergentayangan di dunia maya mungkin tahu apa itu Google Analytics, tapi bagi yang masih Newbe ato masih O-On :p (jangan marah ya dikatakan o'on) pasti belum tahu atao tahu tapi dikit. Nha.. disini akan coba saya terangkan tentang Google Analytics. Simaklah dengan cermat penjelasan berikut ini:

deng..deng..deng..
Google Analytics berbeda dengan Hit Counter. Hit Counter biasanya hanya menghitung jumlah pengunjung yang datang untuk menjenguk (emangnya sakit). Sedangkan Google Analytics, beliau tidak hanya menghitung jumlah para pengunjung tapi juga data-data yang lainnya, misalnya tentang:

  • Berapa pengunjung yang datang tiap harinya
  • Berapa lama mereka nognkrong di blog kamu
  • Browser apa yang mereka gunakan
  • Dengan cara apa mereka datang, misalnya naik angkot ato jalan kaki (maksudnya lewat search engine, lewat situs orang lain atao langsung datang mak pedunduk).
  • Dari negara mana mereka datang
  • Dari kota mana
  • umurnya berapa
  • Anaknya siapa
  • Udah punya pacar apa belum
  • Ortunya galak ga, dll

NB: Tiga poin terakhir bo'ong.

Nah, pengen gak tuh? kalo pengen daftar disini http://google.com/analytics
Tapi syarat daftarnya sangat berat, yaitu kamu harus punya account di google. Nah berat banget kan? (berat bagi yang gak bisa baca ngetik). Kalo udah daftar nanti kamu tinggal ngisi form yang disodorkan, tapi sante aja cara ngisinya gampang kok gak kayak di SPMB, diantaranya yaitu ngisi alamt webblog kamu, trus jangan lupa nge-set "Time Zone" tapi harus beli coin dulu (emangnya time zone yang ada di mall2). Trus setelah itu kamu nanti akan dikasih kode/script sama Pak Dhe Google (jangan lupa bilang terima kasih). Selesai??? belooommmmm... masih ada lagi..
Nha setelah itu kopi kode/script tersebut, trus login ke blogger Klik Templat -->> Edit HTML. Paste kode/script yang udah dikopi kedalam tag HTML yaitu sebelum tag </body> jangan lupa disimpan. Selesai??? Belooommm...
Kembali lagi ke google.com/analytics, kamu harus mengklikCheck Status dulu (Dicek apakah kamu masih single atau doble). Kalo udah berhasil maka akan ada tandanya, kalo belum ya dicoba lagi.
Datanya baru akan muncul satu hari kemudian, jadi ini bukan seperti hit conter yang datanya akan langsung berubah tiap detik tapi data-data google.com/analytics ini akan muncul tiap ganti hari. OK Selamt mencobaaaaa....

By : Bang Udin
----------------------------------------------------------------------------------
Gunakan ----{ CTRL + F }---- Untuk Mencari Artikel
----------------------------------------------------------------------------------
Postingan Baru :
TERIMAKASIH SUDAH BERKOMENTAR


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar