DON'T LIKE ME

Strategi Memenuhi Kepuasan Konsumen


 ----------------------------------------------------------------------------------
Konsumen secara tidak langsung merupakan bagian terpenting yang ada di luar struktur organisasi yang dimiliki perusahaan, karena pada dasarnya perusahaan menjalankan bisnisnya yakni ingin memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.
Maka tak heran jika banyak perusahaan yang terus-menerus mengadakan penelitian guna mengetahui apa saja kebutuhan konsumen dan bagaimana cara memenuhinya. Hal ini dimaksudkan untuk membuat para konsumen merasa puas terhadap kinerja perusahaan, baik yang ditawarkan dalam bentuk barang maupun jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

Inti Kepuasan Konsumen

Adapun jenis penelitian yang dilakukan perusahaan untuk mengetahui kepuasan para konsumen yakni dengan cara membuat kuisioner terhadap barang dan jasa yang ditawarkan, kotak saran dan keluhan, layanan customer care, dan masih banyak lagi hal yang lainnya yang dilakukan perusahaan.
Menurut Philip Kotler dalam bukunya Principle of Marketing, kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya. Kepercayaan konsumen merupakan hal yang ingin didapat setiap perusahaan dari para konsumennya. Kepercayaan akan kualitas, kepercayaan akan keamanan yang ditawarkan, dan masih banyak kepercayaan yang lain yang menjadi motivasi setiap perusahaan terus mengembangkan produknya.
Namun kepercayaan konsumen bukanlah hal yang mudah untuk kita dapatkan, terutama dalam segi kualitas. Hal ini haruslah sangat diperhatikan karena kualitas produk yang dirasakan oleh konsumen akan membuat suatu persepsi tersendiri bagi konsumen yang nantinya akan menentukan apakah konsumen merasa puasa atau tidak.
Jika konsumen merasa puas atas produk yang kita tawarkan maka secara otomatis konsumen akan menggunakan lagi produk atau jasa yang kita tawarkan. Jika proses itu sudah berlangsung secara lama maka sudah pasti akan ada kepercayaan yang utuh dari para konsumen. Sehingga ketika kita menawarkan jenis barang atau jasa yang lain bentuknya dengan inovasi yang baru, konsumen akan mudah menerimanya karena bermodalkan kepercayaan yang ada sebelumnya.

Strategi Kepuasan Konsumen

Untuk memenuhi kepuasan konsumen, perusahaan mempunyai dua strategi yang dapat dilakukan, yaitu:
1.    Strategi menyerang
Yang dimaksud dengan strategi menyerang yakni adanya sikap agresif dalam melakukan pemasaran kepada pelanggan. Cara yang dilakukan dalam mengimplementasikan strategi ini seperti dengan melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan dengan menggunakan spanduk, billboard, dan lain sebagainya. Bisa pula dengan memberikan hadiah kepada pelanggan.
2.    Strategi bertahan
Strategi bertahan yang dimaksud yakni dengan mempertahankan yang sudah ada dan berusaha menambahkan fasilitas menjadi lebih baik lagi.

By : Bang Udin
----------------------------------------------------------------------------------
Gunakan ----{ CTRL + F }---- Untuk Mencari Artikel
----------------------------------------------------------------------------------
Postingan Baru :
TERIMAKASIH SUDAH BERKOMENTAR


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar